Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Pura Agung Pulaki Yang Memiliki Lahan Parkir Seluas 16 Are Akan Ditata Dengan Rapi

Senin, 08 Mei 2023 | 05:19 WIB Last Updated 2023-05-07T21:19:43Z



Singaraja,Bali Infosingaraja.com - Tempat parkir Pura Agung Pulaki mempunyai luas 16 are Akan Ditata Dengan Rapi. Beberapa tempat parkir di-paving dengan sumber biaya dari hibah bupati Buleleng sejumlah Rp 200 juta. Project pavingisasi ini juga telah tuntas ditangani di bulan Maret lalu.

Dan beberapa tempat parkir yang lain disebelah timur pura akan disentuht beton. Sumber budgetnya didistribusikan dari punia umat yang tangkil ke Pura Agung Pulaki. Pengaturan tempat parkir Pura Pulaki ini juga disahkan Penjabat (Pj) Bupati Buleleng Ketut Lihadnyana pada Kamis (4/5) tempo hari bersamaan dengan Purnama Jiyestha.

Kelian Pangempon Pura Agung Pulaki Nyoman Bagiarta menjelaskan pengaturan teritori pura satu diantaranya tempat parkir benar-benar dibutuhkan. Selainnya untuk memberi kenyamanan terhadap umat yang tangkil (hadir sembahyang) ke pura, Pura Pulaki sebagai salah satunya Daya Tarik Rekreasi (DTW) di Kabupaten Buleleng.

"Pasti dengan parkir yang lebih baik dan teratur ini akan memberikan kenyaman lebih untuk umat yang tangkil. Begitu halnya turis, " kata Bagiarta.


Sedangkan Pj Bupati Buleleng Ketut Lihadnyana mengutamakan supaya sarana pendukung termasuk tempat parkir yang sudah diatur ini supaya dijaga baik. Menurut dia semua bagian warga wajib turut peran dalam menjaga kelestarian pura.

"Pura Pulaki dan alam disekelilingnya ini ialah sebuah karunia dan keagungan Ida Si Hyang Widhi Wasa yang sangat luar biasa. Kehadirannya wajib kita lestarikan dan dijaga. Bukan hanya pemerintahan tapi juga kerja sama dan kerjasama antara semua komponen warga," pinta Lihadnyana.

Lahan Parkir Pura Agung Pulaki yang memiliki luas 16 are akan ditata menjadi sebuah area parkir yang lebih baik dan tertata dengan rapi. Pura Agung Pulaki sendiri merupakan pura yang terletak di Desa Banyupoh, Kecamatan Gerokgak, Kabupaten Buleleng, Bali. Pura Agung Pulaki sendiri merupakan salah satu pura yang terkenal di Bali karena memiliki sejarah yang panjang dan keindahan arsitekturnya.

Dengan adanya rencana pengembangan lahan parkir Pura Agung Pulaki ini, diharapkan akan memberikan kemudahan bagi para pengunjung dalam memarkir kendaraan mereka. Sehingga, dapat meningkatkan kenyamanan dan keamanan bagi para pengunjung yang datang ke Pura Agung Pulaki.

Pengembangan lahan parkir ini sendiri dilakukan oleh pemerintah setempat dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas dan kenyamanan para pengunjung yang datang ke Pura Agung Pulaki. Selain itu, pengembangan lahan parkir ini juga dilakukan untuk mengurangi kemacetan di sekitar area Pura Agung Pulaki, terutama pada saat hari raya atau upacara keagamaan yang diadakan di Pura Agung Pulaki.

Dalam pengembangan lahan parkir ini, pihak pemerintah setempat juga akan memperhatikan aspek lingkungan. Sehingga, pengembangan lahan parkir ini akan dilakukan dengan cara yang ramah lingkungan dan berkelanjutan. Misalnya, dengan menanam pohon di sekitar area parkir atau membuat tempat sampah yang cukup untuk mengurangi sampah yang dihasilkan oleh para pengunjung.

Diharapkan dengan pengembangan lahan parkir ini, tidak hanya memberikan kemudahan bagi para pengunjung dalam memarkir kendaraan mereka. Namun juga memberikan dampak positif untuk lingkungan sekitar Pura Agung Pulaki. Sehingga, dapat menjaga keindahan alam Bali dan meningkatkan kualitas kebersihan di sekitar area Pura Agung Pulaki.

Selain itu, pengembangan lahan parkir ini juga dapat memberikan dampak positif bagi perekonomian lokal. Karena dengan meningkatnya jumlah pengunjung ke Pura Agung Pulaki, dapat memberikan peluang bagi para pedagang atau pengusaha lokal untuk menjual produk mereka kepada para pengunjung.

Dalam pengembangan lahan parkir ini, diharapkan pihak pemerintah setempat juga dapat memperhatikan aspek keamanan. Sehingga, para pengunjung yang datang ke Pura Agung Pulaki dapat merasa aman dan nyaman dalam meninggalkan kendaraan mereka di area parkir yang telah ditata dengan rapi dan aman.

Dalam hal ini, diharapkan pihak pemerintah setempat juga dapat melibatkan masyarakat sekitar dalam pengembangan lahan parkir ini. Sehingga, dapat tercipta hubungan yang baik antara pemerintah dan masyarakat sekitar. Selain itu, melibatkan masyarakat sekitar juga dapat memberikan kesempatan bagi mereka untuk terlibat dalam pengembangan dan pemeliharaan lahan parkir tersebut.

Untuk mengoptimalkan pengembangan lahan parkir Pura Agung Pulaki, pihak pemerintah setempat juga perlu melakukan beberapa hal, di antaranya:

Menentukan desain yang tepat: Dalam pengembangan lahan parkir ini, pihak pemerintah setempat perlu menentukan desain yang tepat. Desain tersebut harus memperhatikan kebutuhan para pengunjung dalam memarkir kendaraan mereka dengan aman dan nyaman. Selain itu, desain tersebut juga harus ramah lingkungan dan dapat diintegrasikan dengan lingkungan sekitar.

Memperhatikan aspek keamanan: Pihak pemerintah setempat juga perlu memperhatikan aspek keamanan dalam pengembangan lahan parkir ini. Hal ini penting agar para pengunjung dapat meninggalkan kendaraan mereka dengan aman dan nyaman. Misalnya, dengan menyediakan penjagaan atau CCTV di area parkir.

Melibatkan masyarakat sekitar: Pihak pemerintah setempat perlu melibatkan masyarakat sekitar dalam pengembangan lahan parkir ini. Hal ini penting agar masyarakat sekitar dapat merasa terlibat dan memiliki rasa kepemilikan terhadap lahan parkir tersebut. Selain itu, melibatkan masyarakat sekitar juga dapat membantu dalam pemeliharaan lahan parkir tersebut.

Mempertimbangkan aksesibilitas: Pihak pemerintah setempat perlu mempertimbangkan aksesibilitas ke lahan parkir ini. Hal ini penting agar para pengunjung dapat dengan mudah mencapai lahan parkir tersebut. Misalnya, dengan membuat jalan yang memadai dan menghubungkan lahan parkir dengan area Pura Agung Pulaki.

Menyediakan fasilitas yang memadai: Selain menyediakan area parkir yang cukup, pihak pemerintah setempat juga perlu menyediakan fasilitas yang memadai. Misalnya, toilet, tempat sampah, dan tempat istirahat. Hal ini penting agar para pengunjung dapat merasa nyaman dan terlayani dengan baik selama berada di area Pura Agung Pulaki.

Dalam pengembangan lahan parkir ini, pihak pemerintah setempat juga perlu memperhatikan ketersediaan dana yang cukup. Sehingga, pengembangan lahan parkir ini dapat dilakukan dengan optimal dan dapat memberikan dampak positif bagi para pengunjung, masyarakat sekitar, dan lingkungan sekitar Pura Agung Pulaki.

Secara keseluruhan, pengembangan lahan parkir Pura Agung Pulaki merupakan langkah penting yang perlu dilakukan oleh pihak pemerintah setempat. Dengan adanya pengembangan ini, diharapkan akan memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi para pengunjung dalam memarkir kendaraan mereka. Selain itu, pengembangan ini juga dapat memberikan dampak positif bagi lingkungan sekitar, perekonomian lokal, dan kesejahteraan masyarakat sekitar. Oleh karena itu, perlu adanya dukungan dari seluruh pihak agar pengembangan lahan parkir Pura Agung Pulaki dapat berhasil dan memberikan dampak positif yang signifikan.

Selain itu, pengembangan lahan parkir Pura Agung Pulaki juga dapat diintegrasikan dengan program pariwisata yang ada di daerah tersebut. Misalnya, dengan membuat paket wisata yang mengunjungi Pura Agung Pulaki dan juga objek wisata lainnya di sekitar daerah tersebut. Hal ini dapat meningkatkan kunjungan wisata ke daerah tersebut dan membantu meningkatkan perekonomian lokal.

Namun, perlu diingat bahwa pengembangan lahan parkir ini juga harus dilakukan dengan memperhatikan aspek keberlanjutan lingkungan. Penggunaan material yang ramah lingkungan, penggunaan sistem pengolahan air limbah yang tepat, dan pengurangan emisi gas rumah kaca harus menjadi pertimbangan dalam pengembangan lahan parkir ini. Hal ini penting agar pengembangan lahan parkir tidak merusak lingkungan sekitar dan dapat memberikan dampak positif yang berkelanjutan bagi daerah tersebut.

Dalam mengoptimalkan pengembangan lahan parkir Pura Agung Pulaki, pihak pemerintah setempat juga dapat melibatkan berbagai pihak seperti komunitas lokal, dunia usaha, dan organisasi masyarakat sipil. Dengan adanya keterlibatan dari berbagai pihak ini, diharapkan pengembangan lahan parkir ini dapat berjalan dengan lebih baik dan memberikan dampak positif yang lebih besar bagi masyarakat sekitar dan lingkungan sekitar Pura Agung Pulaki.

Dalam kesimpulannya, pengembangan lahan parkir Pura Agung Pulaki merupakan langkah penting yang perlu dilakukan oleh pihak pemerintah setempat untuk meningkatkan kenyamanan dan kemudahan para pengunjung dalam memarkir kendaraan mereka. Namun, pengembangan lahan parkir ini juga harus dilakukan dengan memperhatikan aspek keberlanjutan lingkungan dan melibatkan berbagai pihak untuk mencapai hasil yang optimal dan memberikan dampak positif yang signifikan bagi masyarakat sekitar dan lingkungan sekitar Pura Agung Pulaki.
×
Berita Terbaru Update